Nonton Armageddon

Walaupun pulang udah jam 10 wib dari warnet bareng bang Adek, Ra nggak telat nonton Armageddon. Film lama yang ibarat masakan nih, maknyus abis. Dulu pertama kali Ra nonton sebelum tsunami, berarti udah lewat 4 tahun yang lalu. Sejak pertama kali Ra nonton, film ini memang berkesan sekali.

Film ini bergenre scince fiction. Bercerita tentang kehidupan Harry Stamper (kalo nggak salah namanya emang Stamper), seorang tukang bor yang udah cerai dengan istrinya. Dia hidup dengan anaknya, Grace, di pengeboran minyak di tengah laut. Selama tiga puluh tahun menjadi pengebor, dia tak pernah gagal mengebor. Dia juga menjadi bos bor yang cukup lumayan.

Selama 5 bulan (atau mungkin 5 tahun ya?), dia tidak sadar bahwa Grace berkencan dengan AJ, bawahannya, yang agak tidak akur dengannya. Pasalnya, Harry selalu menganggap AJ masih terlalu muda dan keras kepala. Ketika mengetahui AJ berkencan dengan Grace, Harry mengejar AJ mengelilingi pengeboran dengan senjata api. Akhirnya AJ dipecat.

Di pihak lain, Amerika Serikat dikejutkan oleh kehancuran pesawat ulang alik di angkasa. New York pun tiba-tiba diserang oleh hujan meteor. Ternyata NASA melihat sebongkah asteroid mendekati bumi. Karena ukuran asteroid yang begitu besar (seluas Texas kalo nggak salah), bumi akan hancur dan manusia akan musnah ketika asteroid itu menghantam bumi. Mereka memeras otak mencari cara untuk menyelamatkan bumi.

Bumi memiliki waktu 18 hari lagi ketika para ahli NASA menganjurkan untuk menaruh bom nuklir di tengah asteroid dan meledakkannya dari jauh. Untuk itu diperlukan para pengebor handal agar misi ini sukses sebelum asteroid itu meledak pada jarak yang terlalu dekat dengan bumi. Maka Harry Stamper dipanggil.

Harry setuju untuk melaksanakan misi itu asalkan dia bekerja dengan timnya. Yaitu tim yang beranggotakan teman-temannya yang sebenarnya jenius, namun terlihat seperti orang yang tak berguna karena hobi mereka hura-hura. Selama 12 hari mereka dilatih oleh NASA untuk bisa bertahan dan menjalankan misi dengan baik.

Akhirnya tibalah hari dimana mereka meluncur ke luar angkasa, mendarat dan menghancurkan asteroid tersebut. Setiap orang di seluruh belahan dunia menggantungkan harapan pada mereka. Harry pamit pada Grace dan meminta maaf karena telah merusak hidup anak gadisnya dengan mengajak tinggal di pengeboran. Grace bersikeras bahwa hidup di sana adalah kebahagiaan. I love my life, katanya. Grace meminta Harry berjanji pulang dengan selamat.

Keempat belas awak dan pengebor itu dibagi atas dua tim, Freedom dan Independence. Peluncuran keduanya ke luar angkasa mulus. Sebelum menuju asteroid, tujuan mereka adalah stasiun bahan bakar roket milik Rusia. Di sana terjadilah hal yang tidak beres pertama. Ketika pengisian bahan bakar dilakukan, terjadi percikan api sehingga menimbulkan kebakaran. AJ dan seorang astronot Rusia terjebak di ruang pengendalian bahan bakar tempat terjadinya kebakaran. Awalnya semua orang menyangka AJ sudah tewas namun AJ dan astronot tersebut menemukan jalan sehingga bisa masuk kembali ke pesawat independence.

90% bahan bakar berhasil diisi, mereka melanjutkan perjalanan kembali. Begitu melewati bulan, ternyata mereka dihadang ribuan asteroid-asteroid yang lebih kecil namun sanggup merusak pesawat mereka. Freedom bisa mendarat di asteroid dengan mulus namun lain halnya dengan Independence. Pesawat mereka hancur karena tertabrak salah satu asteroid sehingga merusak sebagian pesawat. Semua awak Independence dipastikan tewas. Freedom bekerja sendiri.

Satu persatu awak freedom tewas karena kecelakaan yang terjadi. Walaupun demikian, Harry bersikeras melakukan pekerjaannya. Pekerjaan mereka lagi-lagi nyaris tidak beres karena kandungan besi yang dikandung asteroid ternyata membuatnya sulit dibor. Dua kali mata bor terbakar. Dunia frustasi karena pengeboran mereka gagal. Presiden Amerika Serikat akhirnya memerintahkan meledakkan senjata nuklir dari bumi tanpa meletakkan ke dalam inti asteroid terlebih dahulu.

Di saat itulah muncul AJ, Bear, dan astronot Rusia dari pesawat Independence yang dikira tidak selamat. Rupanya hanya mereka dan alat bor saja yang bisa diselamatkan dari Independence. Harry tak pernah sesenang itu melihat AJ. Berkat bantuan ketiganya, astereroid bisa dibor dan senjata nuklirnya bisa dimasukkan. Masalah satu-satunya adalah pemicu senjata jarak jauhlah yang tidak bisa bekerja. Hal ini berarti seseorang harus tinggal dan meledakkan nuklir itu. Ketika ditarik undian, lagi-lagi AJ bernasib sial. AJ sudah meneguhkan hatinya untuk mati ketika Harry memaksa dirinya yang tinggal, bukan AJ.

AJ terisak tetapi Harry memaksa AJ pulang dan menikahi Grace. Pada saat itulah Harry menganggap AJ seperti anaknya. AJ kembali ke pesawat dan NASA menyambungkan radio Harry kepada Grace. Harry kembali meminta maaf karena tidak bisa memenuhi janjinya untuk pulang dengan selamat.

Akhirnya setelah memperbaiki mesin pesawat yang tiba-tiba ngadat, pesawat itu lepas landas. Nuklir pun berhasil dimusnahkan. NASA dan seluruh warga dunia bersorak karena bumi kembali aman. Akhir cerita ditutup dengan pernikahan Grace dengan AJ.

Betapa Ra sangat mencintai film scince fiction. Buat tegang dan biasanya mengharukan. Ra nangis sejak AJ dipastikan tinggal di asteroid sampai habis. Mengharukan sekali. Suatu hari Ra mau jadiin film ini untuk bahan koleksi.

Yang meranin Harry itu Bruce Wills. Yang jadi Grace Ra nggak tahu namanya tapi dia main di The Lord of The Ring juga. Yang jadi Bear, musuhnya Dare Devil. Dan yang jadi RockHoud itu… entah siapa namanya. I`ll find them di google ntar.

O yah, hamper lupa. Soundtracknya I Don`t Want To Miss A Thing-nya Aerosmith lho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: