Apresiasi Pementasan Drama XI IS 1

Ini tentang melakukan sesuatu. Dan mereka sudah melakukan sesuatu.

Betapa banyak orang yang menolak untuk melakukan sesuatu padahal mereka mampu. Tetapi tidak yang terjadi Kelas XI IS 1, kelas praktikan saya, yang beberapa waktu lalu berhasil melakukan sesuatu. Saya harus melakukan standing ovation untuk menghormati mereka.

Tugas pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: pementasan drama. Menarik tetapi perlu kecermatan untuk menyelesaikannya dengan baik. Paling tidak, baik untuk mereka sendiri. Mereka mendapat ilmu (mudah-mudahan), pengalaman berakting, dan lebih mengenal teman-teman sendiri.

Tiga kelompok, tiga naskah, tiga penampilan. Masing-masing memiliki konflik, tokoh sentral, kelebihan dan kekurangan sendiri. Mereka menciptakan cerita mereka sendiri. Cukup kreatif untuk tingkat Sekolah Menengah Atas. Misalnya kelompok 1 yang bercerita tentang kehidupan siswa baru di sekolah. Cerita ini dimulai dari kedatangan siswa baru pindahan dari kota. Langsung terjadi ketertarikan antara siswa lama terhadap siswa baru tersebut. Ironisnya, orangtua mereka malah saling jatuh cinta dan berniat segera menikah. Hubungan siswa lama dan siswa baru yang baru saja tumbuh harus langsung mati.

Kelompok ini berakting dengan cukup baik. Paling tidak penonton bisa mengerti alur dramanya. Yang disayangkan adalah penanganan tata panggung dan properti yang masih kasar. Mereka tidak mempersiapkan properti yang permanen sehingga tidak perlu “angkat meja” dan “angkat kursi” di tengah-tengah pementasan. Selain itu, urusan vokal pun masih sedikit kurang. Mungkin hal itu bisa dimaklumi karena latihan vokal yang masih kurang.

Kelompok 2 memiliki ide cerita yang menarik. Mereka melakukan plesetan Upin dan Ipin yang diubah menjadi Udin dan Idin. Ceritanya cukup lucu dan mereka bisa berakting layaknya si kecil Upin dan Ipin. Padahal masalah dialek dan bahasa tidak bisa disepelekan.

Namun urusan vokal juga masih menganggu. Suara dan artikulasi yang kurang jelas membuat cerita kurang diikuti. Padahal jika mereka bisa mengatasi hal tersebut, penampilan mereka positif menarik. Akan tetapi, untuk penampilan-tanpa-latihan hal ini masih saja luar biasa. Tidak pantas rasanya jika mereka menolak pentas awalnya.

Selanjutnya adalah penampilan kelompok 3 yang mementaskan drama pada esok harinya. Mereka mengaku tidak mempersiapkan naskah dan berakting dengan improvisasi. Spektakuler. Mereka berhasil membuat cerita tentang dua orang bandit sekolah yang bolak-balik dihukum guru, kemudian dikeluarkan dan dibuat kapok. Alur yang ringan dan sederhana mampu membuat penonton cermat mengikuti pementasannya. Ada aktor-aktor yang mampu memerankan tokoh dengan sedemikian rupa.

Untuk teknik pementasan, kelompok 3 sedikit mengabaikan teknik gerak dan blocking. Kejadian yang mirip berat sebelah karena mereka fokus menggunakan satu sisi panggung saja juga terjadi. Padahal hal ini perlu dihindari. Sekalipun hal-hal yang sifatnya teknikal belum begitu dikuasai oleh kelas ini, mereka sudah menampilkan sesuatu hal yang baik.

Mereka sangat baik untuk ukuran pementasan yang kurang latihan. Mungkin hanya sekali dua kali latihan atau malah tidak sama sekali, berusaha mengalahkan kesibukan sekolah dan ekstrakurikuler mereka. Poinnya adalah ini tugas sekolah yang tidak terfokus pada skor saja, namun lebih menitikberatkan kekompakan dan hal-hal menyenangkan. Saya memberikan apresiasi yang luar biasa untuk mereka yang mau melakukan sesuatu.

Teruslah berkarya XI IS 1 SMAN 3 Banda Aceh.^_^V

With Love,

Humaira Anwar

(Mahasiswa Gemasastrin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Syiah Kuala, Anggota Teater Gemasastrin, Anggota pasif UKM Shorinji Kempo Universitas Syiah Kuala, Anggota pasif Forum Lingkar Pena Aceh, Tentor aktif Sony Sugema College Banda Aceh, guru praktikan SMAN 3 Banda Aceh)

Note: Kesibukan tugas kuliah dan kehirukpikukan Hari Raya Idul Adha membuat saya “menunda” tulisan ini. Mohon dimaafkan.

One Response to “Apresiasi Pementasan Drama XI IS 1”

  1. fauzi maulana Says:

    mank kel 3 tu keren bgd …
    hahaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: